Selasa, 05 Februari 2013

KOLESTEROL



Banyak orang yang tidak menyadari gejala kolesterol. Kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh, kadar kolesterol sebenarnya sudah ada di dalam tubuh manusia itu sendiri sudah terpenuhi, tanpa harus adanya asupan kolesterol tambahan. Kolesterol secara alami sudah diproduksi dalam tubuh sekitar 80% dan 20 % lainnya berasal dari sumber makanan yang dikonsumsi sehari-hari. 

Gejala kolesterol umumnya disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang salahsehingga menimbulkan kolesterol tinggi.Seseorang yang memiliki kadar kolesterol yang normal dan memiliki resiko lebih kecil terserang penyakit lainnya apabila memiliki kadar kolesterol dengan kisaran 160-200 mg/dL. Namun akan menimbulkan bahaya lebih fatal dan memiliki resiko tinggi terserang penyakit lainnya apabila kadar kolesterol mencapai diatas 240 mg/dL yang dapat menyebabkan stroke. 

Orang yang mengalami gejala kolesterol ringan biasanya tidak menunjukkan gejala yang berarti, namun pada mereka yang mengalami gejala khusus dari kolesterol tinggi akan menunjukkan gejala, seperti : 

1. Timbul rasa sakit, terkadang rasa pegal di bagian tengkuk kepala bagian belakang atau leher 

2. Terkadang rasa pegal ini juga dirasakan sampai ke pundak 

3. Kaki bengkak 

4. Mudah merasa lelah dan capek 

5. Mudah merasa ngantuk 

Jika ingin mengetahui secara pasti apakah seseorang menderita kolesterol tinggi atau tidak dapat dilakukan tes di laboratorium. Jika kadar kolesterol melebihi 240 mg/dL, berarti kolesterol harus diturunkan agar tidak membawa dampak buruk pada timbulnya suatu penyakit baru seperti stroke, namun jika kadar kolesterol normal (160-200 mg/dL) harus tetap waspadai dan menjaga pola makan, gaya hidup yang sehat dan seimbang agar kolesterol tidak semakin meningkat. 

Meski seseorang yang mengalami atau menderita kolesterol tidak langsung merasakan gejala seperti cepat lelah, namun akan lebih terasa pada mereka yang memiliki obesitas/kegemukan yang semakin meningkatkan resiko lebih buruk. 

Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu penyakit lainnya yang berkontribusi dengan kolesterol yakni penyakit jantung dan pembuluh darah. Lebih fatal, terjadi penumpukan gumpalan-gumpalan lemak yang dapat menyumbat aliran darah yang kemudian dapat memicu kematian akibat serangan jantung atau stroke. 


Gejala Kolesterol Tinggi 

Kolesterol terlebih dalam darah, istilah kedokterannya disebut hiperlipidemia, merupakan faktor resiko tidak langsung dari stroke. Karena kolesterol yang berlebihan dalam darah ini tidak langsung menyebabkan stroke, tetapi lebih pada meningkatnya resiko pembentukan plak atersklerosis pada pembuluh darah. 

Seperti diketahui, plak aterosklerosis ini bertanggung jawab pada proses terjadinya stroke karena sumbatan (stroke iskemik). 

Sebenarnya ada banyak jenis kolesterol di dalam tubuh dengan fungsi dan peran masing-masing, tetapi pada setiap pemeriksaan laboratorium mengenai kolesterol yang umum,. selalu diperiksa 3 komponen kolesterol, yaitu kolesterol total, HDL, dan LDL. Masing-masing komponen tersebut mempunyai makna dan peranan yang berbeda-beda. 

§ Kolesterol total
Kolesterol total menandakan jumlah seluruh komponen lemak di dalam darah. 

§ HDL (High Density Lipoprotein)
Sering pula disebut kolesterol baik. HDL berperan mengangkut kolesterol dari jaringan perifer ke hati, untuk kemudian dikeluarkan melalui empedu. 

§ LDL (Low Density Lipoprotein
Sering disebut kolesterol jahat. LDL berperan mengangkut kolesterol dari hati untuk dipakai di jaringan perifer. Kadar kolesterol yang berlebihan dalam darah akan mengalami oksidasi. Inilah yang menyebabkan proses aterosklerosis terjadi dalam pembuluh darah. 

Penanganan masalah kolesterol tinggi mencakup dua hal : diet seimbang dan penggunaan obat-obatan (Hubungi KLINIK HERBAL IM YANG). Kurangi makanan berlebihan dan mengandung kolesterol tinggi seperti daging sapi, kambing, domba, unggas, kelapa, keripik kentang, donat, mentega, dan susu murni. Konsumsilah buah-buahan dan sayuran segar, roti, susu rendah lemak, seafood, dan minyak yang terbuat dari jagung atau bunga matahari.

0 komentar:

Posting Komentar